"Pasar Malam ".. Hiburan Masyarakat


Dinginnya malam tidak dihiraukan penduduk setempat demi melihat keramaian Pasar Malam yang diadakan musiman oleh sekelompok orang yang menyajikan hiburan rakyat.


Pasar malam merupakan hiburan rakyat yang biasanya ditampilkan di daerah daerah, kampung atau desa. Temanya bisa jadi macam macam. Bisa jadi menyambut 17 Agustus, Hari Anak nasional atau merayakan satu even dari Perusahaan contohnya Ulang Tahun Bank, Gebyar BCA dan sebagainya.


Masyarakat terutama anak - anak langsung memenuhi lapangan. Biasanya di pasar malam ini terdapat banayak permainan anak anak dan makanan rakyat. Dan yang lebih penting harganya murah, sehingga kesempatan berbelanja juga tidak dilewatkan.

Pasar malam (Hanzi: 夜市, pinyin: ye shi) sudah ada di zaman Dinasti Sui di Tiongkok kuno. Di zaman itu, penyelenggaraan pasar diatur secara ketat oleh kekaisaran. Pasar malam pertama tercatat di Chang'an, yang merupakan kota terbesar di zaman tersebut. Dari Chang'an, pasar malam kemudian meluas ke beberapa kota besar lainnya seperti Kaifeng, Luoyang dan Yangzhou.



Sampai pada tahun 965 di zaman Dinasti Song, kekaisaran memberikan larangan berdagang setelah tengah malam. Di Kaifeng muncul pasar malam yang diadakan sampai pagi hari. Pasar malam seperti ini dikenal dengan istilah pasar hantu (鬼市). Kebiasaan ini kemudian membudaya dan menyebar ke kota-kota lainnya di seluruh Tiongkok.


Pasar malam merupakan pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari. Berbagai barang dagangan atau jasa diperjualbelikan di sini. Pasar malam biasanya merupakan atraksi pariwisata penting. Dan kegiatan ini sangat menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya terutama anak - anak karena mereka dapat bermain dengan permainan yang disediakan seperti komedi putar, kuda pusing, mandi bola dan lain - lain.(KC)


0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]