Tips Dalam Memilih Hosting

Tips Dalam Memilih Hosting

Dalam memilih Web Hosting itu gampang-gampang susah. Gampang bagi orang yang sudah terbiasa membuat situs. Tapi akan menimbulkan kebingungan bagi para pemula yang ingin menyewa sebuah hosting yang bagus namun dengan harga yang cukup murah. Ada tips dan trik yang mudah untuk mengenali penyedia layanan web hosting yang baik, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Dapat Diandalkan
Web server yang sudah disewa harus dapat selalu diakses dengan kecepatan yang baik dan waktu berfungsinya ( uptime ) juga harus terjamin. Minimal 99,5% waktu dalam 1 tahun web server harus dapat diakses.

2. Ada dukungan Teknis
Dukungan teknis ini jangan dianggap remeh. Suatu aketika kalau terjadi sesuatu pada web server, petugas teknis inilah yang harus bisa dihubungi. Amat baik kalau petugas dukungan teknis ini siap sedia membantu 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Jangan siap sedia menerima keluhan saja, petugas dukungan teknis juga harus bisa memberikan solusi

3. Instalasi fitur Tambahan
Beberapa pemberi layanan web hosting tidak membolehkan penginstalan PHP, script CGI tanpa izin. Andai saja situs web yang hendak di-host disitu membutuhkan PHP, script CGI, Telnet, akses SSH dan sebagainya, maka beberapa waktu dibutuhkan sebelum situs web bisa di-host ke server. Saat ini hampir semua web hosting menyediakan program siap install spt wordpress, joomla, drupal dan sebagainya yang terdapat di contral panel–> Fantastico

4. Server
Sistem operasi yang digunakan web server juga harus diperhatikan. Andai saja situs yang di-host dibangun menggunakan ASP, mau tak mau web server bersistem operasi Windows-lah yang dipilih. Pilihan lain adalah server yang memiliki sistem operasi berbasis linux atau unix.

5. Kuota Transfer Data yang Memadai
Kuota transfer data sering juga disebut dengan taffic atau bandwith adalah jumlah byte yang ditransfer dari situs web orang yang mengunjungi situs web. Brower milik pengunjung akan mengunduh beberapa file milik situs web. Jumlah data yang ditransfer dari web server ke komputer pengunjung biasanya dibatasi. Misalnya sebuah layanan memberikan kuota 1GB perbulan. Semakin banyak pengunjung kesitus web, semakin cepat kuota 1GB itu habis. Kalau dalam 1 bulan data yang ditransfer lebih dari 1 GB, maka setiap 1MB lebihnya akan dikenai biaya. Beberapa layanan bahkan memblok akses ke situs web.

6. Panel Kontrol (CPanel) Yang User Friendly
Panel kontrol, tempat mengontrol situs web, seperti menambah dan menghapus file atau alamat e-mail, serta mengubah password, ini mutlak harus tersedia. Jangan sampai untuk menambah dan menghapus file, yang sepertinya bakal sering dilakukan, harus dilakukan oleh petugas dukungan teknis.


7. Subdomain
Untuk subdomain, masing-masing pihak hosting sudah memberikannya kepada kita, minimal 1 buah subdomain. Namun tergantung paket yang kita pilih. Kalau paket bisnis, atau profesional biasanya subdomain ini tidak dibatasi alias unlimited

8. Tersedia layanan E-mail
Biasanya setiap layanan hosting akan mengizinkan pembuatan e-mail. Perhatikan juga ada tidaknya POP3, respon otomatis dan forwarding. Namun saya tidak menganjurkan membuat akun email disini karena kurangnya fasilitas yang tersedia. Sy lebih memilih membuat email di yahoo atau di google yang sudah pasti dapat diandalkan.

9. Ruang Penyimpanan yang Memadai
Situs web dibangun dari berbagai file. Ukuran totalnya bisa bervariasi, tergantung elemen pembangun, gambar, teks, animasi dan elemen lainnya. Perhatikan jumlah ruang yang disewakan dan bandingkan dengan harganya. Pilih paket hosting minimal 50MB untuk kebutuhan ngeblog atau 250MB untuk situs profesional. Nantinya space ini bisa diupgrade bila kita merasa kurang.

10. Harga Yang seimbang dengan kualitas layanan.
Harga. Ini masalah krusial. Bak kata pepatah, ada uang ada kualitas. Jangan terpengaruh dengan harga murah. Tidak menjamin kualitasnya bagus. Jadi bersikaplah bijak dalam hal ini. Lihat daftar harga yang sesuai dengan budget anda disini

Inilah 10 tips yang harus anda perhatikan sebelum memilih Hosting murah dengan layanan prima. Artikel ini ditulis dari berbagai sumber dan sudah diedit sesuai dengan kondisi yang sudah saya alami. Sementara itu dulu yg dapat saya sampaikan.
Semoga bermanfaat..!!

3 komentar :

 
Copyright © 2015. Kartika Computer
Blogger Templates