News : Pertolongan Pertama Pada Komputer (P3K)

Sering kali kita merasa jengkel komputer di rumah selalu bermasalah. Terkadang virus, perangkat yang mulai cengeng sehingga selalu membuat semua pekerjaan tertunda bahkan data penting yang disimpan simpan selama ini lenyap seiring bermasalahnya komputer. Menjengkelkan sekali !!...
Tetapi masalah seperti diatas mudah mudahan dapat kita atasi bersama setelah saya menyebarluaskan tips - tips berikut ini :

Masalah dan kerusakan yang timbul tersebut biasanya dapat disebabkan 2 kerusakan : MASALAH HARDWARE (Perangkat Keras) atau MASALAH SOFTWARE (Perangkat Lunak)

Kerusakan Pada Hardware


Masalah dengan komponen hardware perlu penangana yang serius juga karena sulit untuk melihat dan menyingkirkan sumber masalahnya tanpa ada tools yang tepat, keahlian dan pengalaman.

@Kerusakan Pada Power Suply
Gejala :
Ketika menyalakan Komputer tidak bereaksi apa-apa, tidak menampilkan apapun di monitor, tidak ada lampu indikator (led)yang menyala, kipas power suply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.

Solusi :
- Coba periksa apakah kabel sudah terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya. Periksa juga apakah tombol on/off yang berada tepat dibelakang power supply dalam posisi On, jika sudah yakin terpasang dengan benar tetapi masih tidak ada respon silahkan ganti kabel power dengan yang lebih bagus. Masalah terjadi karena tidak ada tegangan listrik yang masuk, kerusakan pada kabel power


@Kerusakan Pada Motherboard
Gejala :
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) pada CPU menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip - kedip, kipas power suply dan kipas prosessor berputar, tidak ada suara beep di speker.


Solusi :
Pertama, lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data kemonitor, kabel keyboard/mouse dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian buka penutup casingnya. Dalam keadaan terbuka begitu, coba sobat lepaskan juga semua kompnen seperti kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke motherbord. Lalu periksa motherbordnya apakan ada komponen yang rusak atau terbakar.Kalau tidak ada yang terbakar kemungkinan motherbord masih bagus, tetapi adakalanya motherbord tidak jalan akibat adanya kerusakan pada BIOS


Gejala
Saat CPUdinyalakan dan melakukanproses Post lalu proses berlanjut dan diambeberapa saat tidak langsung masuk ke Operating System, di layar monitor ada pesan ""harddisk error atau harddisk failure, setelah itu muncul "press F1 to continue", setelah F1 ditekan kita juga tidak masuk Operating System dan pada operating system muncul pesan "Operating System not found".



0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]