Serunya Menulis Blog

Membuat blog sekarang semakin mudah, tidak seperti saat kegemaran ini pertama kali dikenal tahun 1997. Waktu itu, komunitas blogger harus memiliki keahlian dasar HTML. Situs blog gratisan seperti blogger.com dan worldpress.com juga belum ada. Tapi sekarang blog bisa dibuat tanpa biaya sedikitpun. Tidak perlu membeli domain, sewa web hosting, ataupun memakai jasa web designer. Semua orang bisa membuat blog secara instan.
Berikut tips menulis blog agar diminati banyak orang:

Jangan takut memulai. Bagi sebagian orang, menulis bukan perkara mudah. Diperlukan bakat dan latihan khusus. Tapi sebenarnya menulis itu menyenangkan. Semua orang bisa atau setidaknya pernah menulis. Blog juga tidak menuntut tulisan serius yang disusun seperti karya ilmiah. Blog adalah tulisan santai yang dirangkai dengan kata-kata ringan. Jadi jangan terpaku pada aturan baku tulisan dan jangan takut memulai.


Fokus pada satu tema. Blog identik dengan tema-tema khusus yang unik dan cenderung spesifik. Bisa tentang bumbu dapur, nostalgia SMA, catatan harian dan masih banyak lagi pilihan tema lainnya. Upayakan setiap tulisan yang dimuat dalam satu blog sesuai dengan tema tertentu atau setidaknya ada benang merah antara satu tulisan dengan tulisan lain.

Menulis dengan rutin. Selain fokus pada satu tema, faktor lain yang membuat pembaca senang mengakses blog berkali-kali adalah karena artikel didalamnya selalu bertambah. Setiap hari, pembaca berharap blog kesayangannya menampilkan artikel baru yang menarik dan bermanfaat. Blog yang isinya itu-itu saja akan ditinggalkan oleh pembacanya.

Perbanyak link. Selain berisi tulisan, blog juga bisa berisi link ke artikel atau blog lain yang menurut Bunda menarik perhatian pembaca. Jangan menganggap blog atau situs lain sebagai pesaing sehingga Bunda enggan menginformasikannya ke orang lain. Ingat, semakin banyak informasi yang ada di dalam blog, semakin banyak pengunjung yang mendatanginya.

Promosi ke semua orang. Sama halnya dengan produk, blog juga harus dipromosikan. Sebarkan informasi kehadiran blog Bunda melalui SMS, email, milis atau di saat arisan. Semakin banyak yang tahu semakin baik. Tujuan utama menulis di blog adalah supaya banyak pembacanya. Kalau tidak ada yang membaca, buat apa bikin blog….

Selamat ber-blog ria….

0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]