Microsoft Access

Menangani Query yang Lambat

Salah satu keunggulan pemakaian query atau SQL adalah kecepatan akses terhadap data. Tetapi, jika query Anda terasa lambat, apa yang terjadi ? berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat query :

1. Compact database Anda. Database yang telah lama tidak dicompact, atau letak file database dalam disk yang terlalu terpisah (fragmentasi) bisa menjadi penyebab lambatnya query.

2. Sebaiknya Anda membuat indeks terhadap field yang digunakan sebagai kunci join, atau mendefinisikan hubungan di antara tabel-tabel yang dijoin.

3. Sebaiknya field yang menjadi kunci join menggunakan tipe data yang terkecil, serta masing-masing field yang dijoin mempunyai tipe data yang sama atau kompatibel.

4. Cantumkan hanya field-field yang diperlukan pada sebuah guery, dan buatlah query yang lain untuk keperluan yang lain pula. Jika satu atau beberapa field diperlukan hanya sebagai kriteria filter (tetapi tidak perlu menampilkan datanya), hapuslah tanda pada kotak cek show.

5. Gunakanlah struktur query yang bisa dioptimasi. Jika sebuah query dengan mengandung ekspresi yang tidak optimized, query diatasnya (jika menggunakan nested query) juga menjadi tidak optimized.

6. Walaupun dalam query kita bisa menentukan kunci sort, sebaiknya buatlah indeks untuk field tersebut terlebih dahulu (dalam tabel design). Selama Mencoba


1 komentar:

infoGue mengatakan...

artikel anda ada di:

http://database.infogue.com
http://database.infogue.com/menangani_query_yang_lambat


anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]