"Kecil-Kecil Cabe Rawit"

Tidak selalu membutuhkan uang untuk membuat PC bekerja secara mulus. Berikut adalah lima perbaikan yang tidak membutuhkan uang tetapi akan membuat hidup lebih mudah.


* Mintalah Bantuan Help. Untuk berurusan dengan program yang tidak memiliki scheduler, utiliti Windows Scheduled Tasks memungkinkan Anda secara otomatis menjalankan program apapun pada waktu-waktu tertentu yang Anda tentukan sendiri. Pasa Windows XP, Anda bisa mengaksesnya dengan mengklik Start*All Program*Accessories*System Tools.

* Nyamankan Mata Anda. Lindungi pandangan Anda dengan dua utiliti gratis Windows XP PowerToys. Beberapa feature menarik PowerToys antara lain : Image Resize yang memungkinkan Anda memperbesar apa pun yang ada di kursor Anda dan menampilkannya dalam jendela kecil pada taskbar-cocok untuk membaca font-font kecil yang tidak bisa Anda ubah.

* Satu Klik Untuk Semua. Tray Commander Lite memungkinkan Anda menjalankan program, membuka folder yang sering digunakan, dan mematikan PC dengan dua kali mengklikkan mouse-sangat membantu untuk tugas yang sering dilakukan.
* Membuat awal yang segar. Percepat startup windows Anda dengan menonaktifkan program yang secara otomatis dijalankan bersama Windows. Masuklah ke Start*Run, ketikkan mcconfig, tekan Enter, dan pilih tab Startup, buang tanda cek pada kotak disebelah program apa pun yang tidak ingin Anda jalankan bersama Windows. Untuk mengembalikannya seperti semula, Anda hanya perlu menambahkan kembali tanda cek pada kotak yang sesuai.

* Awal yang Cepat. Tidak hanya kesegaran yang dibutuhkan, tetapi juga kecepatan. Walaupun kesegaran adalah salah satu penentu kecepatan. BootVis(http://www.microsoft.com) adalah utiliti yang bisa membantu Anda mempercepat waktu boot. Setelah mendownload BootVis, buatlah folder bernama ptools, dan install utiliti ini ke folder tersebut. Jalankan program ini, dan pilih Trace*Next boot + Drive Delays. Ketika kotak dialognya muncul, pilih empat repetisi, lalu buatla secangkir kopi. Jangan ganggu prosesnya, bahkan walaupun PC Anda tampaknya berhenti bekerja.

Program ini akan mengawasi proses boot dan mencari tahu cara meload driver, DLL, dan komponen-komponen lain secara simultan. Bootvis juga mencari tahu cara meload sejumlah driver sebelum driver selesai, dan mengindentifikasi file yang tidak lagi lagi dibutuhkan. Jika BootVis selesai, pilih Trace*Optimize. BootVis lalu menata driver dan urutan loadnya menampilkan detail yang Anda butuhkan untuk mencari masalah yang memperlambat proses boot.

* Membersihkan Folder Temp. Memilih terlalu banyak file pada folder Temp bisa menurunkan kinerja komputer Anda-anda pasti sudah tahukan. Jika anda menggunakan utiliti Windows Disk Cleanup untuk membersihkan file-file yang usianya kurang dari seminggu. Untuk mengosongkan folder ini sepenuhnya.

* Infomasi file sekali klik. Change Ext(justaskcomputer.com) adalah add-on Windows Explorer yang menambahkan detail mengenai sebuah file ketika Anda mengklik kanan file tersebut. Anda bisa menggunakannya untuk menyalin nama dan path file ke clipboard untuk dipaste ke shortcut dan ke mana pun.



0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]