KIAT BISNIS DI DUNIA MAYA

Seorang penjual yang berpengalaman pasti akan memperhitungkan
setiap media yang dapat menjadi wadah promosi produk
dan jasa yang ditawarkannya

SEANDAINYA telah mengenal dunia Internet, ia pasti akan membuat sebuah situs web yang APIK, memolesnya dengan daftar barang yang dijual lengkap dengan formulir pemesanan dan membeli sebuah nama domain untuk situsnya.
Namun, apakah itu telah memadai untuk menjalankan sebua bisnis secara efisien dan efektif? Jawabannya tentu sangat relatif. Jika situs itu telah melahirkan ribuan hit dan pesanan barang berjumlah besar tentu semua usaha sang penjual itu bisa dianggap tepat. Akan tetapi, jika ternyata sang penjual masih mengalami kerugian yang besar berarti masih ada yang terlewatkan.
Menurut Larry Chase dan Eileen Shulock, sang penulis "Essential Business Tactics for the Net", dalam memulai bisnis online hal yang harus diingat adalah mendesaknya penggunaan produk - produk terbaru teknologi dalam bidang layanan dan jasa.
Misalnya dalam penggunaan ASP (Aplication Service Provider), unifield messaging dan fax over IP. Dengan ASP, Anda ibarat memiliki sebuah tim pengembang software yang tangguh tanpa mengeluarkan biaya besar untuk membangun SDM.
Langkah berkutnya, menurut Larry dengan memanfaatkan semua kelebihan Internet seoptimal mungkin. hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan dan memahami cara kerja search engine agar bisa memberikan manfaat yang sebesar - besarnya, agar calon konsumen bisa menemukan situs kita dengan cepat dan akurat seingga konsumen bisa dengan mudah mengetahui apakah barang yang diinginkan masih tersedia atau tidak, dan berapa lama ia harus menunggu barang tersebut sampai ketangannya.
Setelah itu barulah direncanakan integrasi antara citra produk anda dan internet. Untuk itu diperlukan sebuah nama situs yang mudah diingat dan unik.
Setelah membaca buku Larry Chase dan Eileen Shulock ini kita menyadari bahwa menjalankan situs pemasaran bukanlah hal yang sulit dan mustahil. Modal utama tentu saja kemauan dan naluri pasar yang bisa melihat semua peluang bisnis secara jeli. Kalau anda sudah mempunya kedua hal tersebut, langkah sisanya akan terasa lebih mudah.(LolaKartika)

0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]