Tips & Trik

10 Kiat Mengatasi Rasa Cemas

Setiap orang pasti pernah merasa cemas. Rasa cemas itu bisa berkembang menjadi khawatir, gelisah, takut, was-was, tidak tenteram, panik dan seterusnya. Bahkan, terkadang rasa cemas juga bisa menimbulkan gejala fisik, seperti berkeringat, berdebar-debar, sakit kepala, sakit perut, wajah pucat, dan sebagainya. Tapi, tenang. Rasa cemas bukan tidak bisa diatasi. Nah, bagaimana cara mengatasi rasa cemasnya ?



1. Yakinlah dulu bahwa kamu bisa mengalahkan rasa cemasmu.
2. Baca doa Nabi Musa. Mohonlah kepada Allah agar melapangkan hatimu dari segala
bentuk kecemasan. " Robbisyrohlii shodrii wayassirlii amrii wahlul
uqdatammillisaanii yafqohu qoulii. (Qs. 20:25-28).
3. Berzikirlah kepada Allah . Alaa bidzikrillahi tathmainnul-quluub, " Ingatlah hanya
dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.
4. Positive thinking. Ingat, Allah mengikuti prasangka hamba-Nya.
5. Lakukan aktivitas yang positif sehingga dapat membuat suasana hati menjadi tenang.
Misalnya, melakukan sesuatu yang menjadi hobimu, bisa membaca,menonton hiburan,
mendengarkan musik atau aktivitas positif lainnya.
6. Rutinlah berolah raga. Tak harus lama, yang penting rutin, 5 - 10 menit perhari.
Ini akan membuatmu rileks.
7. Jika kamu termasuk orang yang sering terserang cemas. Cek kembali intensitas baca
Quranmu. Kebiasaan membaca Al-quran setiap hari akan membuat hatimu bersih dan
tenang.
8. Hindarilah minum kopi yang berlebihan karena kafein yang terkandung dalam kopi
bersifat memacu detak jantung. Kebanyakan mengonsumsi kopi membuat mudah
deg-degan.
9. Jangan sering menyendiri. Pergilah jalan-jalan bersama teman-temanmu mencari
kesegaran.
10.Jika rasa cemasmu semakin menjadi dan tak kunjung hilang dalam waktu lama, mungkin
kamu perlu berkonsultasi dengan psikiater.

0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]