Broadband Sempurnakan Rumah Digital

MEMBANGUN sebuah rumah cerdas memang tidaklah mudah dan tentu tidak murah. Apalagi kalau masih harus menyingkirkan perangkat-perangkat elektronik yang tidak digital, tentu akan memberatkan si pemilik rumah, apalagi kalau harus merehab kembali rumah yang sudah ada.

Upaya untuk mewujudkan sebuah rumah digital masih tetap merupakan cita-cita menarik bagi mereka yang menginginkan rumahnya menjadi canggih. Bahkan, dengan semakin berkembangnya teknologi telekomunikasi, termasuk juga teknologi informatika membuat solusi yang ditawarkan semakin bervariasi dan atraktif juga menarik.

Isu rumah masa depan ini juga mengemuka dalam sebuah acara Broadband World Forum Asia yang berlangsung 30 Mei sampai 2 Juni lalu di Yokohama, Jepang. Meski tidak segegap-gempita pada pameran-pameran lainnya, namun berbagai perusahaan jaringan telekomunikasi raksasa mencoba mengungkapkan versinya.

Pendekatan rumah cerdas ini bagaimanapun merupakan cara yang menarik bagi konsumen perorangan, karena produk yang dipamerkan langsung menyentuh kebutuhan konsumen. Selebihnya produk yang mereka kembangkan lebih ditujukan kepada perusahaan-perusahaan layanan, termasuk operator jaringan.

Konsep rumah cerdas mencoba memperlihatkan bagaimana produk jaringan mereka bisa diaplikasikan untuk akses berkecepatan tinggi. Perusahaan telekomunikasi dari Jerman Siemans Communications misalnya, mencoba menghadirkan aplikasi yang juga ditujukan untuk penyedia layanan dan operator jaringan tetap.

Sebuah rumah cerdas antara lain terdapat fasilitas hiburan rumah (home entertainment), layanan kesehatan (healthcare services) sampai keamanan rumah (home security). Sebuah ciri khas rumah modern yang sangat canggih yang diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan keamanan penghuninya.

Dengan semakin berkembangnya jaringan berkecepatan tinggi (broadband), baik tetap (fixed-line) maupun bergerak memungkinkan terwujudnya gagasan ini tanpa perlu mengeliminir yang sudah ada. Konsep kecanggihan tumbuh ini bagaimanapun sangat penting karena membangun rumah baru pun belum tentu selanjutnya bisa mengikuti perkembangan teknologi.

Sebagai contoh yang ditampilkan dalam pameran seperti menggunakan perangkat televisi untuk mengakses internet, juga melihat keadaan rumah dengan menggunakan telepon seluler. Akan terlalu mahal kalau semua harus dibuang begitu saja, karena yang baru pun untuk lima tahun ke depan belum tentu bisa mengikuti perkembangan.

KONSEP hiburan dalam rumah sebagai salah satu bagian dari rumah cerdas merupakan bagian yang lebih dahulu bisa diterapkan. Karena hiburan di rumah merupakan hal yang selalu dekat dengan penghuninya, sekalipun tidak perlu dalam kapasitas yang canggih.

Untuk urusan ini Siemens menawarkan produk yang mereka sebut Surpass Home Entertainment melalui perusahaan layanan jaringan. Dari pendekatan ini sebuah pesawat televisi tidak lagi hanya semata sebagai perangkat untuk menikmati hiburan, baik siaran televisi maupun memutar ulang segala macam produk visual, seperti DVD maupun VCD, termasuk karya foto digital.

Sebagai bagian dari perangkat telekomunikasi sebuah pesawat televisi bisa digunakan untuk telepon video, termasuk juga mengirim pesan singkat SMS maupun MMS. Pendekatan ini merupakan improvisasi perkembangan teknologi telepon seluler yang tidak pernah ada dalam konsep rumah cerdas sebelumnya.

Sebagai kelengkapan rumah masa kini pesawat televisi itu juga berfungsi sebagai perangkat untuk mengakses internet. Untuk maksud ini pesawat TV harus dilengkapi dengan kotak set-top box untuk penghubung dengan koneksi DSL (), yaitu koneksi yang meningkatkan kecepatan pada jaringan kabel telepon biasa. Koneksi ini berjalan melalui akses ke Internet Protocol (IP).

Melalui layanan jaringan pemilik rumah juga bisa menikmati banyak games, pertunjukan video/audio on demand melalui jaringan. Layanan yang ditawarkan termasuk penyimpan sederhana pertunjukan TV langsung dari Electronic Programme Guide untuk menyaksikan acara yang tertinggal. Untuk mendukung solusinya, Siemens bekerja sama dengan Verimatrix berkaitan dengan perlindungan untuk produk Internet Protocol Television (IPTV).

DUNIA hiburan seperti ini juga didekati para peneliti di Institut Fraunhofer di Jerman dengan membuat perangkat yang disebut media adapter. Perangkat yang bahkan sudah ada di pasaran ini dengan standar Universal Plug and Play (UPnP) memungkinkan berkas musik, gambar, dan video yang tersimpan di dalam komputer PC dapat dibagi ke TV maupun peralatan stereo.

Tujuan utama jaringan rumah ini memungkinkan komunikasi antarberbagai perangkat multimedia dengan perangkat yang dibuat berbagai perusahaan. Teknologi digital memungkinkan membuat penghubung bagi semua perangkat elektronik, sekalipun yang masih bersifat analog.

Pendekatan lain seperti yang dibuat Motorola lebih mengedepankan unsur monitoring sistem pengendalian rumah. Perusahaan dari Amerika Serikat ini hanya memamerkan produk yang terbatas, terutama berkaitan produk jaringan kamera rumah yang secara langsung dapat dikontrol dari sebuah telepon seluler.

Apa yang ditampilkan dalam pameran yang relatif kecil itu sebenarnya pernah diperlihatkan Motorola dalam pameran elektronik konsumen CES di Las Vegas, AS, awal tahun ini. Dalam pameran itu diperkenalkan sederetan perangkat kamera jaringan rumah yang berbasis IP yang diperluas fungsinya.

Bahkan, kamera-kamera rumah yang baru itu bisa dikendalikan dari sebuah telepon seluler. Kamera itu dapat mengirimkan tayangan video secara real-time dari rumah ke mana saja melalui internet. Pemilik rumah juga bisa secara jarak jauh melihat dan mengubah orientasi kamera secara langsung dengan ponsel.

Perangkat Motorola Home Network Cameras dapat digabungkan dengan jaringan rumah yang berbasis pada standar nirkabel 802.11g. Selain jaringan kamera ini juga memerlukan koneksi internet berkecepatan tinggi yang memang sulit dipenuhi untuk beberapa tahun sebelumnya.

Sistem pengendalian dan monitor ini selain dihubungkan dengan kamera (dengan kabel maupun nirkabel), juga dengan sensor pintu dan jendela rumah secara nirkabel dan perangkat-perangkat lain. Semua peralatan ini bekerja bersama-sama untuk memberikan informasi secara real-time tentang apa yang sedang terjadi di dalam rumah saat itu.

Seperti perangkat sensor lingkungan rumah bisa dikonfigurasikan untuk memberikan peringatan melalui ponsel seperti tentang luberan atau bocoran air dan temperatur yang ekstrem.

0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]