Tips dan Trik

"Belajar Tipu Muslihat Virus dan Pencegahannya"


Sebelum menginjak kedalam tips mengenai pencegahan kita termakan muslihat virus ada baiknya kita pelajari sesuatu yang dikenal dengan nama teknik rekayasa sosial. Teknik rekayasa sosial menurut RFC 2828 ( Internet Security Glossary ) dapat diartikan : Jargon halus untuk kemampuan non-teknis atau rendah teknologi seperti tipuan, trik, ancaman yang digunakan untuk menyerang sistem informasi.
Mayoritas dari pengguna Windows terinfeksi virus disebabkan oleh karena adanya teknik rekayasa sosial ini. Hal inilah yang membuat virus cepat menyebar. Kekurangpahaman kita menjadikan hal ini menjadi senjata yang cukup mematikan dalam penyebaran dan penginfeksian virus.

Beberapa contoh yang sering saya jumpai yaitu :
1. Email palsu berlampirkan virus dengan judul yang ”menarik perhatian”

2. Virus dengan ikon yang sangat kita kenal semisal : a. Ikon dokumen Microsoft
Office b. Ikon folder c. Ikon gambar, video dll d. Ikon installer 3. Sistem auto-run yang disalahgunakan untuk penyebaran virus.

Berikut tips umum yang akan membantu Anda untuk mencegah kita termakan muslihat virus.
1. Selalu nyalakan opsi Show Hiden Files and Folder pada Tab Folder Option
2. Ganti ikon standar Windows dengan beberapa alat gratis/berbayar yang ada di internet. Beberapa alat yang dapat dipakai :
a. ActivIcons (http://www.cursorarts.com)
b. IconPackager (http://www.stardock.com)
Sehingga bentuk atau warna ikon folder berbeda dari warna aslinya. Maka ketika folder terinveksi virus dia menyerupai folder asli sedangkan yang tidak terinveksi tetap dibentuk dan warna yang berbeda.

3. Gunakan mode details untuk menampilkan berkas-berkas dan folder. Menggunakan mode tiles, namun terlihat juga berbentuk .exe karena penulis menggunakan opsi 2 di folder options untuk menampilkan ekstensi berkas-berkas yang ada di Windows.
Untuk menggunakan mode details, klik kanan -> View -> Details

4. Untuk flashdisk atau harddisk gunakan ikon untuk tanda terkena virus atau tidak membuatnya cukup mudah. Buka notepad copikan kode berikut dan save-as autorun.inf [autorun]
icon=nama_icon.ico
Apabila ada infeksi virus kita akan segera mengetahuinya!

5. Ketika menancapkan flashdisk ke port USB tahan shift untuk mematikan fitur auto-run Tips khusus untuk mengidentifikasi virus 1. Installer palsu (berbentuk .exe) Pertama-tama unduh PeiD di www.peid.has.it
PEiD merupakan sebuah alat untuk mengidentifikasi sebuah file .exe berformat PE.
Ternyata file tersebut merupakan .exe yang dipaket dengan petite. Sebagai informasi saja saya jarang sekali melihat installer dipaket dengan petite :
Installer pada umumnya dibuat dengan :
- RAR SFX (RAR self extractor)
- WinZIP SFX (WinZIP self extractor)
- Installshield
- Inno Setup
- Nullsoft Scriptable Install System (Nullsoft PiMP SFX)
- Wise Installer
- Windows SFX installer
- GP-Install

6. Email dengan lampiran mencurigakan
Jangan membuka e-mail dari orang lain terutama yang berekstensi .exe, .zip, .rar kecuali Anda sudah mendapatkan konfirmasi mengenai pengiriman. Jangan membuka e-mail dengan judul yang ”menggiurkan” semisal tentang lotere, pornografi, hadiah gratis dan lain-lain.

0 komentar:

 
Template designed by KARTIKA COMPUTER

[tutup]